Semua yang Perlu Anda Ketahui tentang OD dan OS pada Kacamata – JURNALIN

Semua yang Perlu Anda Ketahui tentang OD dan OS pada Kacamata

Semua yang Perlu Anda Ketahui tentang OD dan OS pada Kacamata

Semua yang Perlu Anda Ketahui tentang OD dan OS pada Kacamata
Semua yang Perlu Anda Ketahui tentang OD dan OS pada Kacamata

Semua yang Perlu Anda Ketahui tentang OD dan OS pada Kacamata

oleh:[jurnalin.id]

Saat Anda mengunjungi optometris atau optik untuk memeriksa mata dan mendapatkan resep kacamata baru, Anda mungkin akan melihat dua istilah yang sering digunakan: OD dan OS. Apa arti dari OD dan OS ini? Apa perbedaan antara keduanya? Bagaimana mereka memengaruhi kacamata yang Anda kenakan? Dalam artikel ini, kami akan membahas segala hal yang perlu Anda ketahui tentang OD dan OS pada kacamata.

Apa Arti dari OD dan OS pada Kacamata?

OD dan OS adalah singkatan dari istilah bahasa Latin: “oculus dexter” dan “oculus sinister”. Dalam bahasa Inggris, mereka berarti “right eye” (mata kanan) dan “left eye” (mata kiri). Ketika Anda mendapatkan resep kacamata, dokter mata akan menuliskan kekuatan lensa yang diperlukan untuk setiap mata, serta jumlah silinder dan sumbu jika diperlukan.

Perbedaan Antara OD dan OS

Perbedaan utama antara OD dan OS adalah bahwa OD merujuk pada mata kanan, sedangkan OS merujuk pada mata kiri. Dalam resep kacamata, biasanya akan terlihat sesuatu seperti ini:

– OD: -1.25 -0.50 x 90
– OS: -1.00 -0.75 x 180

Di sini, “-1.25” menunjukkan kekuatan lensa bola untuk mata kanan, “-0.50” adalah kekuatan silinder, dan “90” adalah sumbu silinder untuk mata kanan. Sementara “-1.00” adalah kekuatan lensa bola untuk mata kiri, “-0.75” adalah kekuatan silinder, dan “180” adalah sumbu silinder untuk mata kiri.

Apa yang Terjadi Jika Anda Tidak Mengetahui OD dan OS?

Memahami OD dan OS adalah penting karena kacamata harus dibuat dengan presisi untuk memastikan koreksi penglihatan yang optimal. Jika Anda salah menempatkan lensa kacamata di mata yang salah, Anda mungkin akan mengalami ketidaknyamanan saat menggunakannya dan penglihatan Anda mungkin tidak akan diperbaiki dengan baik.

Misalnya, jika lensa kacamata untuk mata kanan ditempatkan di bingkai kacamata untuk mata kiri, Anda mungkin akan mengalami masalah fokus dan ketidaknyamanan saat menggunakan kacamata tersebut.

Apa yang Harus Dilakukan Jika Anda Tidak Tahu Mana yang Mana?

Jika Anda tidak yakin mana yang mana antara OD dan OS, jangan ragu untuk bertanya kepada dokter mata atau optometris Anda. Mereka akan dengan senang hati menjelaskan dan memberi tahu Anda mana yang merujuk pada mata kanan dan mana yang merujuk pada mata kiri.

Selain itu, dalam resep kacamata yang lebih baru, seringkali akan ada penanda visual atau tanda yang menunjukkan mana yang merujuk pada mata kanan dan mana yang merujuk pada mata kiri. Ini bisa berupa tanda atau simbol yang mudah diidentifikasi, seperti tanda panah atau huruf R dan L.

Bagaimana OD dan OS Mempengaruhi Pembuatan Kacamata?

Ketika Anda memesan kacamata baru, Anda akan memberikan resep kacamata kepada optik Anda. Mereka akan menggunakan informasi OD dan OS dari resep tersebut untuk membuat kacamata yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Ini termasuk pemilihan lensa yang tepat untuk setiap mata, penempatan lensa dalam bingkai kacamata yang benar, dan menyesuaikan fokus dan sumbu silinder sesuai dengan resep.

Penutup

Mengerti OD dan OS pada kacamata adalah kunci untuk mendapatkan kacamata yang sesuai dengan kebutuhan Anda dan memberikan koreksi penglihatan yang optimal. Jangan ragu untuk bertanya kepada dokter mata atau optometris Anda jika Anda memiliki pertanyaan tentang OD dan OS atau tentang resep kacamata Anda secara keseluruhan. Dengan memahami dan memperhatikan informasi ini, Anda dapat memastikan bahwa kacamata Anda akan memberikan kenyamanan dan kinerja terbaik yang mungkin.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *