Cara Mengukur Kacamata dengan Tepat dan Mudah – JURNALIN

Cara Mengukur Kacamata dengan Tepat dan Mudah

Cara Mengukur Kacamata dengan Tepat dan Mudah

Cara Mengukur Kacamata dengan Tepat dan Mudah
Cara Mengukur Kacamata dengan Tepat dan Mudah

Cara Mengukur Kacamata dengan Tepat dan Mudah

oleh:[jurnalin.id]

Kacamata adalah salah satu aksesori yang penting bagi banyak orang, baik untuk kebutuhan kesehatan mata maupun sebagai gaya fashion. Namun, agar kacamata memberikan kenyamanan maksimal dan efektivitas dalam koreksi penglihatan, penting untuk memastikan bahwa ukurannya sesuai dengan bentuk wajah dan persyaratan optik yang tepat. Dalam artikel ini, kita akan membahas tentang cara mengukur kacamata dengan tepat dan mudah untuk memastikan kacamata Anda memberikan kenyamanan dan kinerja yang optimal.

1. Pengukuran Pupilla (Pupillary Distance)

Pupillary distance (PD) adalah jarak antara kedua pusat pupil mata Anda. Pengukuran ini penting untuk memastikan bahwa lensa kacamata berada pada posisi yang tepat untuk fokus mata Anda. Berikut adalah langkah-langkah untuk mengukur PD:

– Gunakan cermin dan tanda dengan spidol yang mudah dihapus pada ujung hidung Anda.
– Dengan bantuan seorang teman atau penggaris, posisikan diri Anda di depan cermin dan fokuskan mata Anda pada tanda tersebut.
– Mintalah teman Anda untuk mengukur jarak antara kedua pupil mata Anda dengan menggunakan penggaris.
– Catat hasil pengukuran dengan hati-hati.

2. Mengukur Lebar Lensa

Lebar lensa adalah salah satu ukuran kunci dari sebuah bingkai kacamata. Hal ini memastikan bahwa lensa kacamata mencakup seluruh area mata dengan baik. Berikut adalah cara mengukur lebar lensa:

– Ambil penggaris dan letakkan di bagian terluar dari lensa kacamata.
– Ukur jarak horizontal antara kedua sisi lensa.
– Pastikan untuk mengukur dari titik terluar pada bagian kanan lensa hingga titik terluar pada bagian kiri lensa.
– Catat hasil pengukuran dengan hati-hati.

3. Mengukur Panjang Jembatan

Panjang jembatan adalah ukuran dari bagian tengah bingkai kacamata yang melebar di atas hidung. Ini penting untuk memastikan bahwa kacamata duduk secara nyaman di wajah Anda. Berikut adalah cara mengukur panjang jembatan:

– Letakkan penggaris di atas hidung Anda di bawah alis Anda.
– Ukur jarak dari titik tengah satu pupil mata ke titik tengah pupil mata yang lain.
– Catat hasil pengukuran dengan hati-hati.

4. Mengukur Panjang Temple

Panjang temple adalah ukuran dari bagian sisi bingkai kacamata yang melengkung di sepanjang telinga. Mengukur panjang temple penting untuk memastikan bahwa kacamata Anda tidak terlalu ketat atau terlalu longgar di belakang telinga Anda. Berikut adalah cara mengukur panjang temple:

– Letakkan penggaris di bagian belakang telinga Anda.
– Ukur jarak dari ujung penggaris di belakang telinga hingga bagian depan dari bingkai kacamata di mana lensa bertemu dengan bingkai.
– Catat hasil pengukuran dengan hati-hati.

Penutup

Mengukur kacamata dengan tepat adalah langkah penting dalam memastikan bahwa kacamata memberikan kenyamanan maksimal dan kinerja optik yang optimal. Dengan mengikuti langkah-langkah di atas dan melakukan pengukuran dengan hati-hati, Anda dapat memastikan bahwa kacamata Anda sesuai dengan bentuk wajah dan persyaratan optik Anda. Jika Anda merasa kesulitan atau ragu, sebaiknya berkonsultasi dengan ahli optik untuk bantuan lebih lanjut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *